Tahun Baru (banyak) Karya Baru! #1Day1Dream

Hei, saya @Pengkarya

Ini blog ke sekian saya. Dikhususkan jadi semacam etalase karya saya. Tidak hanya untuk menunjukkan karya yang sudah jadi, tapi juga catatan seputar Pekarya. Baik proses kreatif dalam berkarya maupun siapa saja pekarya yang jadi model.

Sudah dah dari dulu saya ingin menjadi orang yang banyak karya. Tapi, keinginan hanyalah keinginan bila tidak ada gerakan. Karena itu, saya tertarik untuk bergabung dalam gerakan tagar #1Day1Dream oleh kawan-kawan Kancut Keblenger.

Setiap karya diawali mimpi. Maka, mereka yang ingin jadi Pekarya, pastilah menjadi Pemimpi terlebih dulu. Dalam gerakan #1Day1Dream inilah sosok saya sebagai pemimpi dimatangkan. Saya akan mencatat mimpi-mimpi saya untuk kemudian dinyatakan sebagai karya. Lalu, kira-kira apa saja yang menjadi target karya saya tahun ini?

Mari kita tengok dinamika karya saya sebelum-sebelumnya.

2012

Dua cerpen dimuat dalam dua antologi cerpen yang berbeda. Satu diterbitkan penerbit indie, satu diterbitkan penerbit major.

Satu cerpen dimuat di majalah nasional.

Dikit amat? Emang. Tahun itu ‘cuma’ jadi semacam titik balik. Membuat sadar ternyata saya lumayan bisa nulis. Waktu itu saya cuma mengirimkan tiga cerpen. Dan, ketiganya lolos.

Meski ternyata ada anugerah di cerpen, tahun ini saya belum langsung fokus. Masih nyari-nyari. dan dua tahun berikutnya saya baru menyadari pentingnya fokus.

2013

Saya menjadi penyiar. Mengasyikkan memang. Menjadi penyiar bagi saya bukan hanya pekerjaan. Tapi momen mengubah hidup. Ketrampilan, ketenaran, dan tempaan mental sebagai penyiar sebenarnya juga menyumbang sangat banyak dalam kemampuan saya berkarya di tahun berikutnya. Tapi entah kenapa gatal rasanya kalau ga nulis atau make something. Jadi, di awal 2014, saya resign.

2014

Bergabung di perusahaan yang memungkinkan saya berkarya, sekaligus bekerja. Belajar, tapi dibayar. Saya pernah menjadi content writer untuk beberapa kebutuhan. Baik konten situs maupun copywting iklan. Setelah itu saya diplot menjadi video maker 3 situs. Berkuliah.com, bisnishack.com, dan nilni.com dan detik ini menjadi pemred Pizna.com

Selain itu, bersama kawan saya, @Tidar07 kami juga membuat radio soundcloud bernama #TiBoFM. Acara komedi ini sempat menjadi hits di kota saya. Apalagi didukung oleh kawan-kawan dari komunitas stand up comedy Magelang

Jelang akhir tahun kemarin komunitas ini juga menghelat “Audisi Kompas a la Magelang”. Beberapa konsep jusru sangat orisinal. Hanya ada di komunitas ini. Tidak heran, komunitas-komunitas stand up daerah lain pun angkat topi sebagaimana kami juga menghormati mereka. Selama audisi 3 bulan itu, saya rutin menjadi juri dan menulis di blog stand up Magelang.

2015

Awal tahun, saya berencana melaunch serial komedi lagi. Kali ini bukan lewat soundcloud. Tapi berubah video yang diunggah di youtube. Proyek karya ini dikerjakan bersama dua kawan saya yang nge-klik banget. Omongannya tu nyambung banget. Banyak sekali kemiripan di antara kami. Mungkin karena kami sama-sama bergolongan darah O kali ya?

Selain itu, akan ada banyak e-book yang diluncurkan. Dalam waktu dekat, saya dan kawan-kawan akan menggarap e-book tentang kuliah di berbagai kampus dalam negeri. Setelah melihat suksesnya “Kitab Hitam” kuliah di luar negeri yang diterbitkan sebelumnya.

Oke, ini dulu yang bisa saya tulis. Mohon doanya.

Semoga tahun 2015 ini menjadi tahun kejayaan, tahun kekaryaan.

Tahun Baru (banyak) Karya Baru! #1Day1Dream

Tinggalkan Balasan

